Tranceairwaves.com

Sumber Informasi Anda Tentang Kesehatan

Jagalah Hati Jika Tak Ingin Sakit Hati

Sakit hati manusia mana sih yang ingin sakit hati, eitss.. sakit hati disini yang dimaksud organ hati ya bukan hati yang condong mewakilkan perasaan. Hati adalah salah satu organ yang memiliki ukuran besar pada tubuh manusia nomor dua tepatnya. Tanpa kita sadari bisa jadi makanan atau pola hidup kita menjadi faktor yang menyebabkan sakit hati nah, kita simak berikut ini cara menjaga hati.

1.Jangan terbesit untuk minum-minuman keras ( Alkohol )

Minuman berakohol atau minuman yang memabukkan memang tidaklah baik dan hanya mengantarkan kita pada kesenangan sesaat setelah itu baru muncul penyakit. Minuman berakohol jika di konsumsi secara rutin dapat menyebabkan sel-sel dan fungsi hati menjadi mati, yang paling parah dapat mematikan fungsi pengolah lemak hal ini membuat lemak tertumpuk di hati ini sangat bahaya

2.Makanlah makanan yang karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang buruk bagi hati. Konsumsilah alpukat, kacang walnut, oatmeal, kacang-kacangan, kentang, ketela, labu, jagung dan sayuran yang daunnya hijau.

3.Makan sayuran dan buah yang tinggi antioksidan

Jika hati rusak maka senyawa antioksidan ini lah yang berfungsi memperbaiki fungsi hati yang rusak akibat menumpuknya lemak.

4.Jauhi makanan yang banyak mengandung garam

Peneliti menemukan bahwa memakan garam yang berlebih dapat menimbukan luka pada jaringan hati. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah garam atau hindari sementara ketika sudah mulai ada tanda-tanda hati anda mulai sakit.

5.Makanan berlemak tidak berlebihan dan cukupi asupan protein

Kita boleh makan yang berlemak tapi jika bisa secukupnya tidak berlebihan adapun makanan berlemak baik untuk hati karena berfungsi untuk mengatur insulin, lalu cukupi asupan protein anda karena hati jika sudah sakit parah perlu protein untuk mengembalikannya beberapa makanan yang berprotein adalah ikan salmon, ikan makarel, susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jika kita sudah mengetahui cara menjaga hati bisa dipastikan kita dapat mengurangi gejala sakit hati, jika tidak sakit hati tentunya hidup akan terasa lebih bahagia dan banyak momen bersama keluarga dapat diluangkan. Mulailah juga dengan pola hidup aktif dan sehat agar menunjang kesehatan hati dari faktor luar. Jagalah hati jika tak ingin sakit hati.

Darmaji Siregar

Darmaji Siregar

Internet fanatic. Twitter advocate. Problem solver. Reader. Tv aficionado. Introvert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top